Selasa, 29 November 2011

perkembangan bisnis on line


ARTIKEL PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE
Perkembangan Bisnis Online Terbuka Lebar
                Pertumbuhan  dan perkembangan teknologi sulit terbendung . Seiring dengan hal itu , imbasnya pun dirasakan bidang ekonomi . Faktanya , saat ini banyak kalangan yang memanfaatkan dunia maya untuk melakukan aksi jual beli . Caranya yaitu melalui sistem  on line.
“ Peluang bisnis online sangat terbuka.  Ini memudahkan banyak kalangan untuk melakukan jual beli ,” tandas Luthfie , Founder  of Virtual Consulting , pada sela – sela media Gathering Dealgong.com di de Palm , Jalan Lombok Bnadung .(19/9)
Nukman mengatakan , terbukanya peluang bisnis on line itu karena saat ini , di Indonesia , pengguna internet mencapai 50 juta orang . Para pengguna itu , katanya , tidak hanya terbatas pada media mainstream , seperti situs-situs berita , tetapi juga jejaring social , semisal facebook , twitter , dan sejenisnya .
Menurutnya melalui media on line proses transaksi menjadi  lebih efisien . “ Konsumen tidak perlu mendatangi satu per satu para produsen atau penjual .
Prospek perkembangan bisnis online tahun 2011
Melihat perkembangan bisnis online yang semakin menunjukan peningkatan yang positf , membuat sebagia besar orang bertanya-tanya . ada prospek bisnis online tahun 2011 masih cukup menjanjikan ? tidak perlu diragukan lagi , bahwa tahun inipun prospek bisnis online masih sangat menjanjikan . mengingat jumlah pengguna internet setiap harinya semakin bertambah .
Perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia pada pertengahan tahun 2007 kurang lebih 18 – 20 juta user. Jumah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan , hingga pada tahun 2010 diperoleh data  dari Kementrian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna internet sudah mencapai angka 45 juta . Pertumbuhan jumlah pengguna internet di tahun 2011 juga diprediksikan akan mengalami peningkatan yang sangat baik , bahkan para pengamat memprediksikan tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 juta orang.
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang pasarmerekapun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.
Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google danfacebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.
Beberapa hal yang mendukung perkembangan bisnis online tahun 2011, antara lain sebagai berikut :
Pertama, jumlah pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal tersebut menjadi ladang empuk bagi para pelaku bisnis online, sebab semakin banyak orang menggunakan internet artinya pasar dunia maya juga makin terbuka. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.
Kedua, daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yang sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.
Ketiga , perkembangan teknologi saat ini membuat internet bias diakses dengan mudah , dan murah . Bahkan kini internet sudah menjadi kebutuhan sehari hari masyarakat , bukan hanya bias diakses melalui computer saja , tapi internet juga sudah mudah diakses melalui hape ( ponsel ) .
Ketiga hal diatas akan sangat mendukung perkembangan bisnis onloine di tahun 2011 . Lalu , bagaimana cara Anda memanfaatkan prospek bisnis yang semakin bagus , berikut kami informasikan tips dan trik yang dapat Anda coba :
·         Buat produk atau jasa yang banyak di butuhkan oleh masyarakat , di tahun 2011. Misalnya saja membuat ebook nisnis , video tutorial , atau memberikan informasi – informasi yang up to date dan banyak di caari oleh masyarakat . Ini menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen mengunjungi bisnis online Anda .
·         Anda bisa menggunakan fasilitas online seperti blog , website dan situs jejaring social yang banyak di kunjungi masyarakat sebagai  pasar potensial . Banyak orang betaj berlama – lama membuka situs jejaring social seperti facebook  atau twitter , kondisi ini bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk guna meningkatkan penjualan melalui online . Jika perlu Anda buatlah tampilan blog dan website Anda semakin menarik mungkin , agar konsymen tertarik untuk berkunjung .
·         Bukan hanya bisnis offline saja yang membutuhkan promosi, bagi bisnis online adanya promosi juga sangat penting. Anda bisa mencoba beberapa strategi promosi yang sudah pernah dibahas, pada artikel cara jitu mempromosikan blog.
·         Ciptakan peluang bisnis online yang belum ada di tahun sebelumnya. Masih banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis online. Yang terpenting, Anda harus jeli dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Karena kebutuhan mereka, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda.

·         Selain hal-hal yang mendukung perkembangan bisnis online di Indonesia terdapat juga pengaruh dan peranan teknologi informasi terhadap perkembangan bisinis online di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar