Sabtu, 17 Maret 2012

strategi belajar di perguruan tinggi


Strategi Belajar di Perguruan Tinggi Negeri
Suatu harapan besar bagi semua orang , terutama bagi saya sebelum dan setelah saya lulus dari Sekolah Menengah Atas saya mempunyai harapan berlanjut ke pendidikan yang lebih tinggi lagi , yaitu kuliah ( perguruan tinggi ) . Harapan saya tersebut akan menjadi lebih lengkap  apabila saya di terima masuk ke perguruan tinggi yang saya favoritkan dan menjadi tempat perkuliahan saya yang saya impikan dengan jurusan yang saya minati .
 Tetapi pada kenyataannya ,tidak semua orang dapatmerasakan kuliah di perguruan tinggi yang terfavorit , dikarenakan masalah orang tuanya yang tidak mencukupi dana (masalah ekonomi) , tidak hanya karena masalah ekonomi saja yang bias membuat sebagian anak tidak bisa masuk ke perguruan tinggi negeri terfavorit  , bisa juga di karena kan dia tidak lulus tes seleksi masuk ke perguruan tinggi tersebut. Bahkan juga ada masyarakat kalangan bawah yang tidak mementingkan masalah pendidikan yang lebih lanjut ,malah orang tua tersebut mengarahkan anaknya ke dunia usaha atau bekerja , memang tidak salah , tetapi sekaya apapun kita apabila kita tidak memiliki ilmu sama saja seperti orang yang kalangan bawah . ada sebagian orang yang berkata , darimana kita bisa mendapatkan ilmu apabila kita tidak memiliki uang ? yaaa memang betul ilmu tidak dapat di dapat kan begitu saja pasti ada biaya atau sebagainnya . maka dari itu , ilmu dan bekerja harus seimbang yang kita jalani di dunia ini.
·         Bagaimana rencana kita supaya dapat sukses dan berhasil di perguruan tinggi
Dalam perkuliahan kita juga harus memerhatikan hal hal apa saja yang harus kita lakukan dalam perencanaan perkuliahan ,menurut saya hal hal tersebut adalah :
1.        Menetapkan dan memantapkan tujuan jangka menengah (selama perkuliahan) dan jangka panjang (pasca kuliah) ,
Maksudnya dari jangka panjang disini adalah tujuan yang terlebih dahulu harus di mantapkan yaitu proyeksi masa depan yang harus di tentukan oleh seorang mahasiswa/I  .hal tersebut berkaitan dengan impian seseorang di masa depannya. Menetapkan jangka panjang harus di dasarkan pada kesadaran diri pada impian yang di inginkan sendiri ,misalnya pendidikan , kekayaan , profesi dan perannya di masyarakat.
2.       Merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

·         Selain menetapkan suatu perencanaan , pasti saja ada faktor –faktor yang dapat membuat kita bisa berhasil dalam kehidupan kita terutama kuliah yuuuk kita lihat apa saja pendapat saya yang apa saja faktor – faktornya :


1.        Kita harus tetap berikhtiar dan berdoa kepada Allah ,yang berikutnya ,
2.       Doa orang tua , usaha , bantuan , dan semangat dari orang tua kita itu sangatlah berperan besar dalam kehidupan seorang anak , tanpa doa , bantuan dan motivasi dari orang tua tentu saja anak tersebut tidak bisa apa apa , dan belum tentu juga bisa mencapai apa yang dia inginkan.
3.       Mahasiswa harus bersungguh – sungguh ,ulet , rajin , dan semangat nya dari dirinya sendiri itu pun sangat di perlukan dalam seorang mahasiswa .  tanpa itu semua mahasiswa tidak akan menjadi seorang mahasiswa yang sempurna dalam masa perkuliahan .
4.       Gaya belajar sebagai seorang mahasiswa , gaya belajar di perguruan tinggi di SMA sangatlah berbeda dalam perkuliahan , mahasiswa di tuntut bisa mandiri belajar dengan baik individual , maupun dalam perkelompokkan . dalam perkuliahan mahasiswa dituntut dapat menguasai pembelajaran tersebut , melalui bermacam-macam sumber , baik dari membaca di perpustakaan kampus , maupun melalui media internet.
5.       Hubungan mahasiswa dengan dosen ,dosen itu adalah guru kita di perguruan tinggi tetapi seorang dosen itu perannya lebih luas lagi tidak hanya memberikan sebuah materi pelajaran tetapi seorang dosen juga bertugas untuk menciptakan situasi agar mahasiswa dapat melaksanakan aktivitas belajar dikampus. Hubungan baik dengan dosen akan menambah kualitas dari interaksi yang bersifat akademik maupun non akademik.
6.       Interaksi dengan mahasiswa lain , selain harus berhubungan baik dengan dosen , mahasiswa di tutut pula untuk berhubungan baik juga dengan sesame teman di kelasnya , seperti membentuk sebuah kelompok-kelompok . untukapa ? supaya bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan , selain itu pula yang lebih penting adalah untuk belajar bersama , dan menyelesaikan tugas perkuliahan secara bersama dan kompak .

Sekian pendapat saya tentang bagaimana strategi belajar di peguruan tinggi ,
Terimakasih
Dyahayulestari
1eb12
22211290




Tidak ada komentar:

Posting Komentar