Jumat, 13 April 2012

PERAN PEMUDA TEHADAP KEMAJUAN BANGSA DI ERA DAHULU DAN ERA SEKARANG


PERAN MAHASISWA TERHADAP KEMAJUAN BANGSA DALAM MASA DULU dan MASA KINI .
  •   Peran Mahasiswa Terhadap Kemajuan Bangsa Dalam Masa Kini
Menurut saya  peran seorang pemuda bahkan seorang mahasiswa sangatlah penting bagi penerus kehidupan bangsa ini , karna seorang mahasiswa itu di pembelajarkan untuk meneruskan cita cita bangsa. Seorang mahasiswa diharapkan mampu membangun bangsa ini di masa yang akan dating kea rah yang lebih maju lagi dan menjadi lebih baik lagi.
Belakangan ini kita banyak melihat para mahasiswa yang berdemo sangat amat anarkis, brutal, dan bahkan menurut saya sangat kampungan , dan sangat sangat tidak terkendali seperti anak-anak yang tidak berpendidikan. Sebenarnya kalau kita telisik lebih jauh lagi , maksud para mahasiswa berdemo itu adalah baik , mereka hanya menyuarakan ketidakadilan yang mereka rasakan sebagai warga Negara Indonesia. Dan demi kemajuan bangsa kita sendiri, tetapi mungkin karena mereka kurang didengar, akhir nya mereka melakukan aksi yang anarkis dan brutal tersebut.
Kasus diatas merupakan salah satu contoh peran seorang mahasiswa terhadap kemajuan bangsa yang sangat salah, akan tetapi kita tidak boleh hanya melihat dari sisi buruknya sajah. Seiring dengan perkembangan zaman , dan kemajuan teknologi di Indonesia banyak mahasiswa/mahasiswi yang ikut berperan baik dalam membangun kemajuan bangsa Indonesia dengan cara yang positif.
Salah satu contohnya adalah : sekelompok mahasiswa di bidang teknik yang menciptakan sarana transportasi yang hemat energy , menciptakan aneka robot yang menyerupai bahkan hamper mirip dengan manusia , dengan hasil karya mereka tersebut nyatanya mereka bisa mengahrumkan nama baik bangsa Indonesia di kalangan Internasional , membuat diri mereka lebih dihargai , membuat diri mereka lebih di dengarkan lagi , dan juga hal tersebut membuktikan bahwa mahasiswa juga ikut berperan aktif terhadap kemajuan bangsa Indonesia di masa kini.
Nah hal-hal diatas yang saya contohkan adalah yang saya rasa perlu dicontoh dan terus dikembangkan lagi oleh seorang mahasiswa , bukan hanya seorang mahasiswa tetapi oleh warga Negara Indonesia yang baik untuk lebih memajukan bangsa kita menjadi lebih baik lagi . J

PERAN PEMUDA TERHADAP KEMAJUAN BANGSA PADA ZAMAN DAHULU
·        Peran Pemuda Terhadap Kemajuan Bangsa Pada Zaman Dahulu
Peran generasi muda selalu mewarnai dalam setiap usaha-usaha untuk memerdekakan Bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui pada zaman penjajahan , karena pada zaman penjajahan para pemuda rela mengorbankan seluruh jiwa dan raga nya bahkan rela mengorbankan nyawanya demi mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan para penjajah.
Dengan berdirinya suatu organisasi – organisasi muda , itu merupakan salah satu bukti dari keperdulian para pemuda demi meningkatkan kemajuan bangsa kita. Pada dasarnya organisasi muda itu bersifat lokal, baru kemudian berdirilah suatu PPPI yang merupakan awal lahirnya sumpah pemuda. Dengan adanya sumpah pemuda maka seluruh pemuda yang ada di Indonesia menjadi bersatu dan sulit untuk di serang oleh musuh. Karena dengan ketangguhan , kegigihan serta keberanian para pemuda tersebutlah maka pada tanggal 17 agustus 1945, dikumandangkanlah Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia yang dibacakan oleh Bapak. Soekarno dan Bapak.Muhammad Hatta. Dari sisi itulah para pemuda dan para pejuang bangsa itu telah berjasa untuk Negeri kita.
Meskipun banyak rintangan, halangan , dan bahkan banyak pertumpahan darah dimana-mana semua itu harus dan akan tetap di tempuh oleh para pemuda mereka tetap berusaha keras supaya bangsa Indonesia bebas dari para penjajah , mereka melakukan itu semua demi ketentraman , kedamaian dan demi rakyat Indonesia supaya rakyat Indonesia tidak menderita lagicseperti waktu adanya penjajahan dari bangsa lain.
Setelah diproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia, para pemuda mulai menjalankan strategi mereka dengan cara melakukan pemberontakan di berbagai wilayah untuk mengusir para penjajah yang sangat kejam dan merebut wilayah yang telah diambil oleh para penjajah tersebut.  Dan pada akhirnya bangsa Indonesia pun bersih dari jajahan bangsa lain .
Seandainya saja dulu para pemuda tidak perduli dengan kemerdekaan bangsa Indonesia mungkin saja pada saat ini pun bangsa Indonesia belum merdeka bahkan mungkin saja bangsa Indonesia masih menjadi sasaran jajahan dari bangsa lain. Tetap semangat para pemuda untuk terus melangkah kedepan dan teta berjuang demi mempertahankan kemerdekaan bangsa kita yaitu INDONESIA J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar