Selasa, 27 November 2012

Review1: Abstrak dan Latar Belakang


GRAND DESIGN PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN DALAM UPAYA MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN MALANG
Ferry Prasetyia
Farah Wulandari P
Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

ABSTRACT
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemungkinan penerapan ekonomi masyarakat (Ekonomi kerakyatan) berbasis di Kabupaten Malang dalam rangka mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Keadaan penelitian bahwa ada empat tahapan dalam desain ekonomi masyarakat berbasis: pertama, pemetaan sektor ekonomi terkemuka di Kabupaten Malang. Kedua, pemetaan kondisi sosial politik masyarakat sekitarnya. Ketiga, mengidentifikasi tatanan kelembagaan yang ada. Keempat, merancang bentuk yang tepat dari kemitraan dalam rangka mengakomodasi kepentingan bersama dari pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

LATAR BELAKANG
Pencapaian pembangunan di berbagai tingkatan pemerintahan baik nasional maupun regional sangat bergantung kepada sinergitas peran pemerintah dan masyarakatnya. Sinergi yang diperlukan pemerintah dan masyarakat dalam hal pembagian peran dan kerja dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembangunan. Keberhasilan pembangunan tidak akan tercapai secara optimal jika pemerintah tidak melibatkan peran masyarakat di dalam proses perencanaannya. Produkproduk pembangunan dapat menjadi produk tanpa makna bagi masyarakatnya, produkproduk yang manfaatnya tidak dapat mereka rasakan. Demikian pula sebaliknya, tanpa peran yang optimal dari pemerintah, pembangunan akan berjalan secara tidak teratur dan tidak terarah, yang akhirnya akan menimbulkan permasalahan baru.
Selain memerlukan keterlibatan masyarakat (partisipasi), pembangunan juga membutuhkan strategi yang tepat agar dapat lebih efisien dari segi pembiayaan dan efektif terhadap hasilnya. Partisipasi masyarakat justru adalah faktor paling determinan bagi keberhasilan pembangunan sebab mereka menduduki peran ganda, yaitu sebagai subyek pelaksanaan pembangunan dan sekaligus obyek terhadap hasil pembangunan. Oleh karena peran yang sentral dari masyarakat tersebut, maka dalam hal pembangunan khususnya pembangunan ekonomi sudah seharusnya pemerintah mereorientasikan kebijakan ekonominya berpihak pada rakyat atau dengan kata lain menggunakan sistem ekonomi kerakyatan. Diharapkan dengan berbasis pada ekonomi kerkayatan, kesenjangan pendapatan antara masyarakat dapat diminimalisir.
Malang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur mengalami dualisme ekonomi dalam pembangunannya yang telah mengakibatkan kesenjangan pendapatan di masyarakat. Di sisi lain, relatif besarnya konstribusi baik dari sisi penyerapan tenaga kerja maupun investasi pada sektor ekonomi yang berbasis kerakyatan sudah seharusnya perencanaan pembangunan ekonomi di kabupaten malang berorientasi pada ekonomi kerakyatan. Disinilah pentingnya dilakukan penelitian mengenai desain perencanaan pembangunan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan dalam upaya meningkatkan keberlanjutan ekonomi di Kabupaten Malang.
Nama/Npm: Dyah Ayu Lestari
Kelas/Tahun: 2EB09/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar