Selasa, 27 November 2012

Review4 : Kesimulan Dan Saran


UPAYA PENGEMBANGAN AGRIBISNIS SAPI PERAH DAN PENINGKATAN PRODUKSI SUSU MELALUI PEMBERDAYAAN KOPERASI SUSU
S. Rusdiana dan Wahyuning K. Sejati

KESIMPULAN DAN SARAN
Agribisnis sapi perah sudah saatnya untuk dipacu perkembangannya, agar prosuksi susu dapat memenuhi kebutuhan susu nasional. Ketidakmampuaan produksi dalam memenuhi kebutuhan susu nasional, akibat rendahnya pendapatan para peternak, sehingga petani ternak tidak mampu untuk mengembangkan agribisnis sapi perahnya. Pendapatan para peternak yang selama ini masih rendah, karena skala usaha yang kecil , kemampuan berproduksi susu sapi perah induk yang rendah, harga jual susu peternak yang tidak memadai atau menguntungkan dan biaya produksi yang relatif tinggi.
Untuk memacu perkembangan agribisnis sapi perah yang berdampak terhadap peningkatan produksi susu nasional adalah dengan cara meningkatkan skala usaha, meningkatkan kemampuan berproduksi susu dari sapi perah induk yang dupelihara para oeternak dan menekan biaya produksi. Penekanan biaya produksi dapat dilakukan dengan menyesuaikan jumlah pemeliharaan sapi perah produktif dengan jumlah pemeliharaan sapi perah non produktif dalam suatu komposisi pemeliharaan yang ekonomis. Sedangkan harga jual susu ditingkat peternak belakangan ini sudah membaik dikarenakan terjadinya penurunan produksi susu dunia sebagai dampak dari pemanasan global.
Peningkatan skala usaha dan kemampuan brproduksi susu sapi perah induk dapat dilakukan melalui pemberdayaan koperasi susu, melalui penyediaan sumber bibit sapi perah betina dan penyediaan pakan konsentrat yang berkualitas baik dengan harga jual yang terjangkau, dan dengan melalui bisnis koperasi.
Nama/Npm: Dyah Ayu Lestari
Kelas/Tahun: 2EB09/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar