Selasa, 27 November 2012

Review3: Metode Penelitian dan Analisis Data



GRAND DESIGN PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN DALAM UPAYA MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN MALANG
Ferry Prasetyia
Farah Wulandari P
Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

 METODE PENELITIAN DAN ANALISIS DATA
Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini melingkupi dua hal yaitu ruang lingkup wilayah dan ruang lingkup materi. Ruang lingkup wilayah adalah pemerintah daerah kabupaten Malang serta instansi pendudukung lainnya di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang Jawa Timur.
Sedangkan ruang lingkup kajian materi meliputi: analisis ekonomi makro pada kabupaten Malang, dan teori serta kajian tentang perencanaan pembangunan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan. Selain itu juga, kegiatan ini akan membahas tentang permasalahan pembangunan ekonomi di Kabupaten Malang.
Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek penelitian. Data sekunder merupakan data yang tidak diperoleh dari sumbernya langsung, melainkan sudah dikumpulkan oleh pihak lain. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu pengumpulan data baku yang diperoleh pada Instansi atau Organisasi yang ada, baik pemerintah maupun swasta (Muslimin, 2002 : 23). Sumber data sekunder berasal dari beberapa instansi yang berwenang dalam pengeluaran data yaitu, APBN, APBD, badan perencanaan propinsi, kabupaten, Badan Pusat Statistik dan intansiintansi terkait serta berbagai hasil penelitian yang berkaitan dengan kajian ini.
Sedangkan data primer diperoleh langsung melalui depth interview atau wawancara secara mendalam oleh peneliti. Dalam melakukan wawancara tersebut peneliti akan menggunakan pedoman interview yang telah disusun sebelumnya sehingga akan menghasilkan interview yang terarah sesuai dengan tujuan penelitian.


Metode Analisis
Dalam upaya mendesain perencanaan pembangunan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan dalam upaya mencapai pembangunan berkelanjutan, peneliti akan menggunakan metode penelitian eksploratif. Jenis penelitian ini berusaha mencari ideide atau hubungan-hubungan
yang baru. Metode ini sangat fleksibel dalam pencarian gagasan dan ide serta petunjuk mengenai kondisi dan situasi yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji sehingga dapat memformulasikan kebijakan atau strategi yang tepat.
Dengan metode penelitian ini, peneliti akan menggali permasalahan yang berkaitan dengan permasalahan pembangunan ekonomi di Kabupaten Malang Jawa Timur. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan semua dokumen yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi di Jawa Timur termasuk aspek keberhasilan dan kegagalannya. Selanjutnya mengidentifikasi permasalahan mulai dari gejala sampai masalah yang mendasar. Setelah proses identifikasi selanjutnya peneliti akan mengklasifikasikan masalah dan mendesain kebijakan perencanaan pembangunan ekonomi yang tepat yang diarahkan pada perencanaan pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan. Selain itu, peneliti akan melakukan interview secara mendalam kepada setiap unit yang berkaitan dengan penelitian ini.
Nama/Npm: Dyah Ayu Lestari/22211290
Kelas/Tahun:2EB09/2012

1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Metode Analisis, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/856/1/Paper_Peter_Avinanta_Why_Because.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus